Antara Kini dan Nanti

Beberapa waktu lalu, saya sempat berbincang dengan seorang tetangga saya. Saat itu juga ada kedua orangtua dan kakak saya. Awalnya, perbincangan itu biasa-biasa saja, hanya ibu dan tetangga saya itu yang mengerti. Tapi, menurut saya, ada satu topik menarik yang membuat saya dan bapak angkat bicara.

Entah bagaimana mulanya, perbincangan mengarah tentang masa depan.

“Saya meskipun berasal dari keluarga yang berkecukupan, saya ingin anak saya bisa sekolah tinggi. Meskipun saya harus banting tulang kesana kemari, kerja ini itu, dan putar otak agar saya bisa menyekolahkannya dengan baik,” kata tetangga saya itu, yang tiba-tiba memakai bahasa Indonesia.

“Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian,” ucap bapak dengan sedikit tambahan alunan nada lagu.

Saya hanya tersenyum dan mengangguk-angguk tanda setuju.

“Ya, kadang saya pusing membiayai anak saya, apalagi saat musim paila (paceklik), cari cara bagaimana bisa mendapatkan uang untuk biaya kuliahnya,” saut ibu saya dengan nada menggebu-gebu.

Saya diam sambil menyusun kalimat yang sekiranya langsung bisa mereka mengerti. Jujur, agak sulit ketika menyusun kalimat bahasa Jawa daripada bahasa Indonesia.

“Iyaa,” saya mulai berbicara.

“Kita urip dudu anggo masa kien, tapi masa depan. Masa depan sapa sing weruh. Bisa dadi ijazah esema kien masih kanggo, tapi ning arep wis ora kanggo. Jaman ning arep sejen bari jaman kien. Ya makane kue, mumpung masih enom selagi masih bisa diusahaaken, masih due tenaga akeh, kudu dienggo sing bener,” terang saya.

Setelah itu, perbincangan semakin panjang. Kami, yang ada pada saat itu, saling berbincang. 

Leave a Reply

